Gunadarma bekerjasama dengan Universitas Gunung Rinjani

Merdeka.com - Universitas Gunung Rinjani bekerjasama dengan Universitas Gunadarma menyelenggarakan seminar dengan mengambil tema tentang sistem penjaminan mutu internal (SPMI).

Acara seminar dilaksanakan di Kampus Universitas Gunung Rinjani di Selong Lombok Timur, Jumat (7/7).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan pada program hibah dari Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Republik Indonesia (Kemenristekdikti). Sebelum seminar, Universitas Gunadarma dan Universitas Gunung Rinjani menandatangani Piagam Kerjasama dengan disaksikan oleh 250 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa serta tamu undangan.

Seminar yang dibuka langsung Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S. Margianti, menghadirkan dua pembicara utama yaitu Koordinator Kopertis 3 Dr. Illah Sailah dan Kepala Badan Penjaminan Mutu Universitas Gunadarma Dr. Sudaryanto. 

Pimpinan dan pejabat terkait yang memberikan sambutan adalah Rektor Universitas Gunung Rinjani Drs. H. Ayip Rosidi, S.H., MM, Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur Bapak Rohman Farly dan Sekretaris Pelaksana Kopertis 8 Bapak Dr. Slamet Sholeh, MSc.

Diketahui, Universitas Gunadarma termasuk 26 perguruan tinggi (PT) di Indonesia yang mendapat kepercayaan untuk menjadi PT Pengasuh dari PT lain melalui program hibah asuh PT Unggul dari Kemenristekdikti. 

Hibah tersebut diberikan kepada PT yang akreditasi institusinya unggul atau peringkat A. Universitas Gunadarma menjadi PT pengasuh untuk 4 PTS lain, termasuk Universitas Gunung Rinjani. Tiga PTS lainnya adalah Universitas Flores di Ende, Universitas Nusa Nipa di Maumere, dan Universitas NU Indonesia di  Jakarta

Total jumlah program studi dari 4 PTS tersebut sebanyak 52 program studi. Setelah program pengasuhan ini, PTD asuhan diharapkan dapat meningkat akreditasinya, baik akreditasi instritusi maupun akreditasi program studi.

Kegiatan lainnya adalah lokakarya/workshop yang baru akan dilaksananakan nanti tanggal 10-12 Juli 2017 yang mencakup empat topik yaitu pengembangan kurikulum, penyusunan borang akreditasi, penyusunan dokumen mutu, dan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kegiatan tersebut dikuti 60 orang pengelola dan dosen Universitas Gunung Rinjani yang akan dipandu oleh narasumber dan fasilitator dari Universitas Gunadarma. [hrs]

Sumber : Merdeka.com


« Kembali