UPT TIK

Profil

Unit Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan unit yang bertanggung jawab dalam pengkajian dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi Universitas Gunung Rinjani serta melakukan pengelolaan dan pelayanan teknologi informasi dan komunikasi kepada segenap civitas akademika Universitas Gunung Rinjani.

Teknologi informasi dan komunikasi saat ini sudah merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia modern. Di era globalisasi sekarang ini, teknologi informasi dan komunikasi memegang peranan penting dalam berbagi aspek kehidupan manusia. Teknologi informasi dan komunikasi memberikan dampak yang sangat positif dalam berbagai hal, di antaranya : pendukung pengambilan keputusan; peningkatan efisiensi dan produktivitas,  penunjang aktivitas pekerjaan dan belajar, dan bahkan dapat meningkatkan mutu hidup manusia. Peranan teknologi informasi dan komunikasi akan semakin meningkat seiring perkembangan jaman dan hingga akhirnya menjadi elemen dasar dalam kehidupan mahluk penghuni bumi ini.

 

Peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan juga sangat besar, khususnya dalam hal penunjang proses belajar-mengajar dan efisiensi pekerjaan akademik maupun administratif. Perguruan tinggi sebagai salah satu institusi pendidikan sudah selayaknya mampu untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menunjang berbagai aktivitasnya. Penetrasi dan implementasi teknologi informasi dan komunikasi pada perguruan tinggi akan memberikan dampak yang sangat positif serta diharapkan memberikan efisiensi dan produktivitas yang tinggi dalam bidang akademik dan administratif. Selain itu, dengan implementasi dan adaptasi teknologi informasi dan komunikasi diharapkan juga agar perguruan tinggi tersebut mampu terus bersaing dalam kancah persaingan dunia pendidikan di tingkat Nasional bahkan Internasional.


Visi UPT Laboratorium Komputer

Sebagai pusat teknologi informasi dan komunikasi yang menunjang terciptanya Smart Student Campus, menjadi unit pendukung kegiatan yang handal bagi unit kerja lain di lingkungan Universitas Gunung Rinjani dan menjadikan teknologi informasi sebagai media  transformasi keilmuan dalam upaya mendukung pembangunan sumber daya manusia yang berteknologi.

 

Misi UPT Laboratorium Komputer

Meningkatkan kualitas pengelolaan data dan informasi secara profesional

  1. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas layanan Teknologi Informasi yang informatif dan komunikatif
  2. Memberikan layanan yang prima kepada sivitas akademik dan stakeholder secara bermartabat dan bersahabat
  3. Berperan aktif meningkatkan kemampuan dan keterampilan sivitas akademik dalam bidang Teknologi Informasi
  4. Menyediakan infrastruktur jaringan (LAN, WAN dan internet) sebagai tulang punggung aliran data
  5. Memonitor dan mengevaluasi sistem kebutuhan pengguna, termasuk pemeliharaan dan perbaikan,
  6. Mengembangkan Teknologi Informasi berbasis pelayanan yang berkualitas, profesional dan transparansi untuk mendukung kemajuan universitas dalam persaingan global
  7. Mengembangkan dan meningkatkan fasilitas terkait teknologi informasi sejalan dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi
  8. Menyediakan dan menjamin ketersediaan informasi/data bagi semua unit kerja berbasis jaringan
  9. Menyiapkan mahasiswa yang terampil, kompetitif, dan berwawasan luas di bidang teknologi informasi dan komunikasi
  10. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang informatika dan komputer dengan mengedepankan moral dan etika serta didukung oleh pengembangan sumberdaya yang berkelanjutan.

Fungsi UPT Labkom

Pelaksana pelayanan dan pendukung dalam:

 

  1. Mengembangkan sistem informasi bagi kepentingan universitas, yang meliputi pengembangan aplikasi, sistem informasi dan sistem jaringan (network).
  2. Memberikan pelayanan informasi untuk menunjang program pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta keperluan lain dalam rangka kepentingan Universitas Gunung Rinjani


« Kembali