S1 - Ilmu Hukum

Profil S1 Ilmu Hukum

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA

STRATEGI PENCAPAIAN


 

Visi :

Terwujudnya Program Studi Ilmu Hukum yang Profesional dan Kompetitif di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berprestasi,berkarakter,dan  religius pada Tahun 2015.


Misi :

1. Menyelenggarakan pendidikan Ilmu Hukum untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan kompetitif di bidang Praktik Hukum dan Konsultan Hukum serta mempunyai jiwa entrepreneurship dan akhlak mulia serta mempunyai jiwa nasionalisme melalui kurikulum yang berkualitas serta tenaga pengajar yang kompeten dan berdaya saing dengan menerapkan  proses pembelajaran edutainment berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

2.  Melakukan kegiatan penelitian hukum yang berkualitas  dan bermanfaat bagi masyarakat dan dunia usaha serta mengembangkan kerja sama dengan institusi lain secara berkelanjutan, baik lokal, nasional maupun Internasional dengan memanfaatkan  Teknologi Informasi dan Komunikasi.

3.  Melakukan Pengabdian kepada masyarakat secara efektif dan berkelanjutan serta mengembangkan kerjasama yang bermanfaat serta saling menguntungkan  dengan  lembaga lain baik lokal, nasional, mupun internasional dengan memanfaatkan  Teknologi Informasi dan Komunikasi


Tujuan :

1.  Menjadi Program Studi Ilmu Hukum yang dapat membentuk Sarjana Hukum yang profesional di bidang Praktisi Hukum dan Konsultan Hukum melalui daya kompetensi, entrepreneurship, kompetitif dan akhlak mulia serta mempunyai jiwa nasionalisme  dengan memanfaatkan  Teknologi Informasi dan Komunikasi.

2.  Menjadi Program Studi Ilmu Hukum yang dapat mengembangkan Ilmu Pengetahuan di bidang Ilmu Hukum yang dapat memberikan manfaat kepada kemajuan masyarakat dan dunia usaha dengan memanfaatkan  Teknologi Informasi dan Komunikasi.

3.  Menjadi Program Studi Ilmu Hukum yang dapat memberikan manfaat bagi kemajuan dan kesejahtaraan masyarakat melalui berbagai bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara berkualitas dan berkelanjutan dengan memanfaatkan  Teknologi Informasi dan Komunikasi

 

Sasaran dan Strategi

Pencapaiannya :

1.   Sasaran

  1. Menjadi Prodi Ilmu Hukum yang diminati dan dipercaya oleh masyarakat (target peminat 200 pada tahun 2015)
  2. Lulus tepat waktu sebanyak 80 % (≤ 4 tahun), indek prestasi kumulatif ≥ 3,00 sebanyak 90%, tingkat kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan ≥ 75% dan rata rata kehadiran dosen mengajar sesuai jadwal 100% (tahun 2012)
  3. Proses penyusunan skripsi 6 bulan minimal sebesar 75% (tahun 2011)
  4. Kepuasan pelayanan kepada mahasiswa rata rata baik 80% (tahun 2013)
  5. Penelitian mahasiswa berupa skripsi yang memberi konstribusi pada masyarakat pengguna sebanyak 80% dan dan penelitian dosen sebanyak 40% (tahun 2012).
  6. Mengembangkan program kerjasama penelitian dan pengabdian masyarakat yang melibatkan dosen dan mahasiswa (tahun 2012)
  7. Penelitian dosen dan pengabdian masyarakat rata-rata satu kali per semester (Tahun 2012).

2.   Strategi Pencapaian bidang Pembelajaran

a.     Perkuliahandilakukan dengan model student center learning dimana mahasiswa lebih pro aktif dan dosen berperan sebagai fasilitator, sehingga pengembangan potensi diri mahasiswa akan terbentuk melalui proses diskusi dan kerjasama kelompok (tahun 2012-2013)

b.    Materi perkuliahan yang digunakan untuk bahan diskusi dikembangkan melalui internet dan Penelusuran materi menggunakan jaringan internet yang disediakan oleh lembaga universitas melalui Swadaya (tahun 2012 jaringan sudah terintegrasi dan siap digunakan secara penuh) demikian pula proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan sarana TI yang terintegrated)

c.     Pengembangan Silabus dengan mempertimbangkan masukan stakeholder.

d.  Sistem perkuliahan lebih ditekankan pada kemahiran hukum, oleh karena itu setiap mata kuliah mahasiswa harus menyusun tugas mandiri atau kelompok sesuai dengan materi terkini yang dikembangkan berdasarkan hasil telusur di internet maupun jurnal penelitian terbaru (2012-2013)

e.     Penyusunan proposal skripsi akan dievaluasi melalui seminar proposal skripsi. Evaluasi akan menentukan kelayakan proposal untuk dilanjutkan menjadi skripsi, dan ujian skripsi akan diuji oleh tim penguji sebanyak tiga (2011).

3.   Strategi Pencapaian bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Staf Akademik dan Non Akademik

a.    Meningkatkan jabatan akademis dosen tetap secara teratur (tidak ada Pengajar yang berkualifikasi S2 di tahun 2013).

b.    Meningkatkan jumlah dosen yang tersertifikasi (Tiga dosen ditahun 2012, Tiga dosen ditahun 2013)

c.    Mewajibkan dosen untuk mengikuti kegiatan seminar baik sebagai peserta maupun sebagai nara sumber (sebagai nara sumber minimal satu kali per semester dan sebagai peserta minimal dua kali per semester).

d.   Mewajibkan dosen melakukan satu penelitian dan satu pengabdian masyarakat per semester, baik penelitian secara mandiri atau melibatkan mahasiswanya atau kolaborasi dengan dosen lain. Penelitian ini diharapkan untuk dapat disertakan dalam pembiayaan dari hibah dikti (minimal ada dua judul penelitian yang dapat di sertakan dalam penelitian hibah dikti per tahun)

e.    Menekankan tingkat disiplin staf non-akademik untuk memberikan pelayanan yang cepat dan mengacu pada standar pelayanan yang telah ditetapkan. Secara berkala melakukan program pengembangan tenaga non edukatif sesuai dengan kebutuhan di program magister manajemen.

4.   Strategi Pencapaian bidang Penjaminan Mutu

a.    Perancangan sistem penjaminan mutu akademik dan non akademik; melalui penentuan sasaran mutu sesuai dengan visi, misi, tujuan, sasaran, prodi yang kemudian dirancang prosedurnya dalam bentuk buku pedoman prosedur mutu 2010-2012

b.    Implementasi sistem penjaminan mutu merupakan implementasi dari prosedur dan manual mutu yang telah dibuat tahun 2010 dan mulai 2012 dilaksanakan secara lengkap 7 standar SPMI-PT (Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi)

c.    Setiap akhir semester Audit mutu internal mengevaluasi secara periodik aktivitas yang dilakukan dan memantau kesesuaiannya terhadap mutu yang telah ditetapkan


« Kembali