S1- Pendidikan Bahasa Inggris

Profil S1 Pendidikan Bahasa Inggris

IDENTITAS PROGRAM STUDI
Program Studi/ PS        : Pendidikan Bahasa Inggris
Jurusan/Departemen        :  -
Fakultas            :  Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Perguruan Tinggi        :  Universitas Gunung Rinjani (UGR)
Nomor SK pendirian PS (*)    :  41/3/E/O/2012
Tanggal SK pendirian PS        : 31 Januari 2012    
Pejabat Penandatangan SK Pendirian PS    :  Djoko Santoso
Bulan & Tahun Dimulainya Penyelenggaraan PS    :  31 Januari 2012
Nomor SK Izin Operasional (*)     :  41/3/E/O/2012
Tanggal SK Izin Operasional    : 31 Januari 2012    
Peringkat (Nilai) Akreditasi Terakhir    :  C
Nomor SK BAN-PT            : 
Alamat PS            :  Jl Raya Mataram-Labuan Lombok KM. 50 Gapuk, Suralaga, Selong, Lombok Timur, NTB.
No. Telepon PS            :  (0376) 631620
No. Faksimili PS        :  (0376) 631621
Homepage dan E-mail PS        :  univgunungrinjani@yahoo.co.id

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN

Visi
Menjadi pusat unggulan dalam pengembangan Sumber Daya Manusia pada bidang studi Pendidikan Bahasa Inggris untuk menghasilkan tenaga pendidik yang profesional  berlandaskan nilai-nilai agama.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris yang berorientasi pada kemandirian mahasiswa dalam mengembangkan potensinya serta berlandaskan nilai nilai agama;
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk meningkatkan penguasaan dasar-dasar penelitian dan keterampilan di bidang pendidikan bahasa Inggris;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berbentuk penerapan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam bidang bahasa Inggris;
  4. Mengembangkan kecakapan hidup untuk mempersiapkan mahasiswa  menghadapi tuntutan dan tantangan dunia kerja;
  5. Membangun kerjasama dengan multi pihak berkaitan dengan pengembangan Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Tujuan

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi (S1) untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan berkualitas di bidang pendidikan Bahasa Inggris;
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial;
  3. Melakukan penelitian dan kajian ilmiah dalam bidang Ilmu Pendidikan bahasa Inggris;
  4. Mendiseminasikan hasil pendidikan dan pengajaran serta penelitian di bidang pendidikan bahasa Inggris kepada masyarakat;
  5. Mendukung proses pembangunan Nasional dan memberikan pelayanan kepada Masyarakat melalui penyediaan Sumber Daya Manusia yang handal, kompeten dan terpercaya dibidang pendidikan bahasa Inggris.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
Berdasarkan Visi Misi di atas, sasaran Program Studi PBI adalah:
a.Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di kampus dan di luar kampus secara profesional pada setiap semester.

Strategi pencapaiannya melalui tahapan sebagai berikut.

  1. Menyusun kurikulum yang berbasis pada kebutuhan pengguna lulusan. Dalam hal ini dilakukan peninjauan kurikulum 1 kali dalam 4 tahun;
  2. Merekrut tenaga pengajar yang memiliki syarat kualifikasi akademik minimal S2;
  3. Mendistribusikan mata kuliah pada setiap semester sesuai dengan keahlian dan kualifikasi profesional dosen yang bersangkutan;
  4. Melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan pembelajaran pada awal, tengah, dan akhir semester;
  5. Melengkapi fasilitas pembelajaran seperti laboratorium, bahan pustaka, bahan praktek, dan lain-lain.

b.Menyelenggarakan penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan sumber daya manusia secara optimal.
Strategi pencapaiannya melalui tahapan sebagai berikut.

  1. Menfasilitasi dosen untuk aktif dalam penelitian yang dibiayai oleh institusi maupun dikti;
  2. Memberikan kesempatan kepada dosen untuk mengikuti program studi lanjut S2 dan S3 sesuai dengan kebutuhan program studi setiap tahun;
  3. Memberikan kesempatan kepada dosen untuk mengikuti kegiatan pelatihan pengembangan bahan ajar, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat;
  4. Memfasilitasi dosen dalam mengajukan jabatan funsional akademiknya setiap tahun.

c.Mendukung program pembangunan nasional di bidang pendidikan dengan menghasilkan lulusan yang profesional, berwawasan keilmuan dan keagamaan yang tinggi sehingga mampu bersaing di tingkat regional maupun nasional.
Strategi pencapaiannya melalui tahapan sebagai berikut.

  1. Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan dinas pendidikan kabupaten/kota dan atau provinsi dalam penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi setiap tahun;
  2. Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan perguruan tinggi sejenis baik di tingkat regional dan nasional;
  3. Menjalin kerjasama dengan lembaga pengguna lulusan dalam penyelenggaraan PPL keguruan setiap tahun.

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

No.

Nama Dosen Tetap

NIDN

Tgl Lahir

Jabatan Akademik

Gelar Akademik

Pendidikan S-1, S-2. S-3, Profesi, Sp-1, Sp-2 dan asal PT

Bidang Keahlian untuk setiap jenjang pendidikan

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Mawardi

0830128002

30-12-1980

Kaprodi

Sarjana Sastra

 

 Magister Pendidikan

S1 universitas Nahdlatul Wathan Mataram

 S2 universitas Pendidikan Ganesha

Sastra Inggris

 

Pendidikan Bahasa Inggris

2

Lalu Nurul Yaqin

0808018501

1-8-1985

 

Sarjana Pendidikan

Magister Pendidikan

S1 STKIP Hamzanwadi Selong

S2 Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Bahasa Inggris

Pendidikan Bahasa Inggris

3

Zainul Fikri

0831128114

1981

 

Sarjana Pendidikan

Magister Pendidikan

S1 Universitas Mataram

S2 Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Bahasa Inggris

Pendidikan Bahasa Inggris

 

4

Mashur

0831126608

31-12-1966

 

Sarjana Pendidikan

Magister Pendidikan

S1 STKIP Hamzanwadi Selong

S2 Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Bahasa Inggris

Pendidikan Bahasa Inggris

5

Ari Saputra

 

 

 

Sarjana Pendidikan

Magister Pendidikan

S1 Universitas Mataram

S2 Universitas Mataram

Pendidikan Bahasa Inggris

Pendidikan Bahasa Inggris

6

Rasyid Ridho Hamidiy

 

 

 

Sarjana Pendidikan

Magister Pendidikan

S1 Universitas Mataram

S2 Universitas Mataram

Pendidikan Bahasa Inggris

Pendidikan Bahasa Inggris

7

Abdul Majid Junaidi

 

 

 

Sarjana Pendidikan

Magister Pendidikan

S1 Universitas Mataram

S2 Universitas Mataram

Pendidikan Bahasa Inggris

Pendidikan Bahasa Inggris

8

Merdana

0831127817

31-12-1978

 

Sarjana Pendidikan

Magister pendidikan

S1 universitas Mataram

S2 universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Bahasa Inggris

Pendidikan Bahasa Inggris

9

Burhanul Aqli

 

 

 

Sarjana Pendidikan

Magister pendidikan

S1 universitas Mataram

S2 universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Bahasa Inggris

Pendidikan Bahasa Inggris

(*) : Lampirkan fotokopi SK terakhir

** NIDN : Nomor Induk Dosen Nasional

 

Struktur kurikulum berdasarkan urutan mata kuliah (MK) semester demi semester:

Smt

Kode MK

Nama Mata Kuliah*

Bobot sks

sks MK dalam Kurikulum

Bobot Tugas***

Kelengkapan****

Unit/ Jur/ Fak Penyelenggara

Inti**

Insti-tusional

Deskripsi

Silabus

SAP

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11


I

MPK 1101

Pendidikan Agama Islam 1

3

 

3

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MPK 1103

Kewarganegaraan

3

 

3

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2101

IEC I

4

4

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MPK 1105

Pengantar Kependidikan

2

 

2

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2107

Speaking I

2

2

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2118

English Grammar I

2

2

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2111

Reading I

2

2

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2132

Introduction to Linguistics

3

3

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKB 3101

Computer Literacy

2

 

2

 

Ö

Ö

Ö

 

II

MKK 2208

Speaking II

2

2

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2203

Listening I

2

2

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MPK 1202

Pendidikan Agama Islam 2

3

 

3

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MPK 1204

Ilmu Alamiah Dasar

3

 

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKB 3202

Perkembangan Peserta Didik

2

 

2

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKB 3203

Bahasa Indonesia Keilmuan

3

 

3

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2212

Reading II

2

2

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2215

Writing I

2

2

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2219

English Grammar II

2

2

 

 

Ö

Ö

Ö

 

III

MKK 2322

TEFL I

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2320

English Grammar III

2

2

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2316

Writing II

2

2

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2302

IEC II

4

4

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2304

Listening II

2

2

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2313

Reading III

2

2

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2309

Speaking III

2

2

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKB 3305

Belajar dan Pembelajaran

2

 

2

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2333

Phonetics and Phonology

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2340

Introduction to Literature

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

IV

MPK 1406

Pendidikan Kewirausahaan

2

 

2

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKB 3404

Profesi Kependidikan

2

 

2

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2417

Writing III

2

2

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2434

English Morphology

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2435

English Syntax

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2405

Listening III

2

2

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2421

Advanced Grammar

2

2

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2423

TEFL II

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2437

Sosciolinguistics

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2441

Poetry

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

V

MKK 2538

Psycholinguistics

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2506

Listening IV

2

2

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2510

Speech

2

2

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2514

Extensive Reading

2

2

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2524

Curriculum and Instructional Design

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2525

Teaching Media

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2526

Assessment on ELT

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2527

Statistics

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2542

Prose

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2545

Scientific Writing

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

VI

MKK 2643

Drama

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MPB 4601

Micro Teaching

2

2

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2628

Cross Culture Understanding (CCU)

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2629

Translation

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2630

Classroom Management

2

2

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2631

Research in ELT

4

4

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2639

Second Language Acquisition

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKB 3606

Teknologi Informasi Pembelajaran

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

VII

MKK 2736

Semantics

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2744

ESP

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKK 2746

Seminar on Thesis Proposal

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MKB 3707

English for Tourism

2

2

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MPB 4702

Practice Teaching (PPL)

4

4

 

 

Ö

Ö

Ö

 

 

MBB 5701

KKN

4

 

4

 

Ö

Ö

Ö

 

VIII

MKK 2847

Discourse Analysis

2

2

 

Ö

Ö

Ö

Ö

 

 

MPB 4803

Thesis

6

6

 

 

Ö

Ö

Ö

 

     

148

117

28

 

 

 

 

 

 


« Kembali