Penelitian

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

PEDOMAN PENELITIAN

A.Latar Belakang
Dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, salah satu unsur penting yang miliki peran strategis adalah para dosen. Peran penting dan strategis dosen tersebut berdampak pada mutu pendidikan yang ada di dalam prguruan tinggi dimana dia menjadi bagian darinya. Peran penting dan strategis tersbut melekat dalam tiga fungsi dosen yang disebut Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat
Diantara ketiga fungsi dosen tersebut, penelitian mempunyai peran penting dan strategis untuk dapat mengembangkan pengetahuan baru dan mengaplikasikannya dalam berbagai fenomena yang terjadi. Hasil penelitian ini akan memperkaya khasanah keilmuan dosen dan meningkatkan kualitas pengajaran dosen di kelas.
Bagi perguruan tinggi, penelitian dosen selain menambah referensi pengetahuan, juga akan meningkatkan citra perguruan tinggi, menjadikan perguruan tinggi tersebut dikenal sebagai sumber pengembangan ilmu pengetahuan. Perguruan tingi diharapkan dapat memberikan kontribusi besar dan penting dalam memecahkan problema-problema pembangunan dalam memakmurkan dan mensejahterakan masyarakat. Oleh karena itu, kegiatan penelitian harus terus dipacu, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.
Menyadari akan pentingnya penelitian dosen, Universitas Gunung Rinjani  menajdikan penelitian sebagai agenda penting dalam program kerjanya. Adanya perkembangan dari dalam maupun luar Universitas Gunung Rinjani mendorong dilakukannya perubahan peraturan mengenai penelitian yang tertuang dalam SK No 054/SK.P/I /UGR/2012 mengenai Ketentuan Pemberian Insentif dan bantuan Dana di Bidang Penulisan, Penelitian, dan Publikasi untuk Dosen Universitas Gunung Rinjani. Sejalan dengan hal tersebut, perlu buat Pedoman Penelitian Dosen yang lebih lengkap dan rinci.
Pedoman Penelitian Dosen ini diharapkan mampu memberikan panduan mengenai mekanisme dan prosedur penelitian dosen di Universitas Gunung Rinjani dan sekaligus berfungsi sebagai acuan dalam melakukan monitoring, pengendalian mutu, evaluasi, dan pengembangan penelitian demi menghasilkan penelitian yang berkaulitas dan bermanfaat bagi masyarakat.    
Dengan adanya Pedoman Penelitian Dosen ini, diharapkan penelitian yang dihasilkan menjadi terstandarisasi dari sisi mutu penelitian

B. Tujuan dan Manfaat Pedoman Penelitian Dosen
Tujuan dari penyusunan Pedoman Penelitian Dosen adalah sebagai berikut:

  1. Menyusun  prosedur penelitian dosen yang terstandarisasi sesuai dengan visi dan misi Universitas Gunung Rinjani;
  2. Memberikan persepsi yang sama bagi pihak-pihak yang berkaitan dengan penelitian;


Manfaat dari penyusunan Pedoman Penelitian Dosen adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai panduan dalam prosedur penelitian yang dilakukan oleh dosen Universitas Gunung Rinjani;
  2. Sebagai panduan dalam pengelolaan penelitian oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Gunung Rinjani, termasuk di dalamnya mengenai prosedur administrasi, seleksi, monitoring hingga evaluasi dari penelitian tersebut;


C. Karakteristik Penelitian Dosen Universitas Gunung Rinjani
Sesuai dengan visinya, yaitu Membangun manusia yang beriman, Bertaqwa, berilmu, kreatif, kompetitif, kritis dan mengabdi kepada kemanusiaan, kebenaran,  keadilan, dan sejahtera, maka penelitian di Universitas Gunung Rinjani mempunyai mempunyai karakter sebagai berikut:

  1. Bertema yang mendukung pengembangan bidang yang sesuai dengan rumpun ilmu yang tertuang dalam berbagai macam program studiyang memiliki nilai kreatif, kritis yang berdampak bagi kemanusiaan yang berkeadilan, mengandung nilai kebenaran dengan obyetivitas tinggi yang dapat dipertanggungjawabkan. Tema selain bidang itu masih tetap dipertimbangkan bila hasil penelitiannya memberi manfaat yang berarti (signifikan) bagi lembaga dan masyarakat.
  2. Penelitian ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan menerapkan ejaan Bahasa Indonesia yang berlaku.
  3. Berorientasi pada publikasi jurnal terakreditasi dan lebih diharapkan jika mampu bertaraf nasional.


D. Jenis Penelitian
Terdapat dua jenis penelitian yang ada pada Universitas Gunung Rinjani, yaitu:
1. Penelitian Kelompok
Yang dimaksud dengan penelitian besar adalah penelitian yang dilakukan oleh dua orang dosen atau lebih dengan kajian mendalam sesuai dengan ilmu yang dikembangkan Universitas Gunung Rinjani, berjangka waktu dua semester, dan berorientasi pada publikasi jurnal tingkat nasional. 
2. Penelitian Individu
Penelitian kecil adalah penelitian yang dilakukan oleh satu orang dosen atau lebih dengan kajian sesuai dengan ilmu yang dikembangkan Universitas Gunung Rinjani, berjangka waktu satu semester, dan berorientasi pada publikasi jurnal terakreditasi yang lebih diharapkan tingkat nasional.

E. Persyaratan Umum Pengajuan Penelitian Dosen
Persyaratan administrasi yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

  1. Tim peneliti terdiri dari 1 (satu) orang atau lebih untuk penelitian kecil, dan sekurang-kurangnya terdiri dari 2 (dua) orang untuk penelitian kelompok, yang terdiri dari Peneliti Utama dan Anggota.
  2. Peneliti Utama merupakan dosen tetap Universitas Gunung Rinjani.
  3. Tema penelitian harus sesuai dengan karakteristik penelitian di Universitas Gunung Rinjani sekaligus sesuai dengan major keilmuan peneliti.
  4. Khusus untuk penelitian kelompok, tugas dan peran masing-masing peneliti diuraikan dengan jelas dan disetujui oleh yang bersangkutan.
  5. Seorang peneliti hanya diperbolehkan menjadi Peneliti Utama pada 1 (satu) penelitian saja pada satu periode yang sama, namun diperbolehkan menjadi anggota pada penelitian lainnya.


« Kembali